Pengertian dan Sejarah Facebook

Pengertian facebook menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Bagi yang sudah mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan berinteraksi dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via halaman facebook login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook baru. Caranya bisa dilihat di artikel sebelumnya cara membuat facebook. Kita tinggal memasukkan username(nama pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal lahir, dsb seperti yang diminta di form registrasi dilanjutkan dengan langkah-langkah seperti yang diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk yang belum punya email, apakah bisa mendaftar facebook? Bisa, tapi harus buat email dulu. Panduannya bisa dilihat di sini cara membuat email.
1).SEJARAH FACEBOOK
Sejarah facebook berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.
Pada akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah pengguna, di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user. Sangat fantastis!
Itulah sekelumit kisah yang dapat blog it’s my story beberkan perihal pengertian facebook dan juga sejarah facebook. Semoga dapat diambil hikmahnya dari tulisan ini. Salam.
Referensi : Wikipedia dan internet
Sumber : Http://Idafazz.com/pengertian-facebook.php

STATISTIK PENGGUNA FACEBOOK
Data statistik menunjukkan bahwa pengguna facebook di Indonesia cukup banyak, berada diurutan kedua terbanyak di seluruh dunia, berada di bawah Amerika serikat yang berada diurutan pertama di dunia dengan pengguna mencapai kurang lebih 145,747,320 pengguna.
1). PENGGUNA FACEBOOK DI INDONESIA
       Pengguna Facebook di Indonesia kurang lebih mencapai 32,131,200 pengguna dari total pengguna internet Indonesia berjumlah kurang lebih 45.000.000 orang.
Apakah hal ini merupakan kabar gembira ? jawabannya bisa saja ya, karena dengan adanya facebook terjadi pergeseran paradigma terhadap orang yang menggunakan internet, bila dulu paradigma kebanyakan orang ketika kita berinternet ria tidak akan jauh dari hal-hal yang berkaitan dengan pornografi dan penipuan (dipandang dosa dan tidak berguna oleh sebagian agama), namun sekarang paradigma tersebut telah bergeser menjadi ketika kita misal masuk ke warnet orang menyangka kita akan “FB-an” atau “Facebook-an” yang setidaknya tidak merusak moral dan dosa, tapi sangkaan orang paling jelek sangkaan orang ketika “FB-an” hanya membuang-buang waktu (padahal sebenarnya banyak manfaat dari “FB-an”).
Mudah-mudahan ketika pengguna sudah merasa bosan dengan Facebook mereka akan berlari ke hal-hal yang lebih bermanfaat misal Blogging, searching artikel bermutu, Bisnis Online, menambah jaringan bisnis, bertukar ilmu dengan yang lainnya, dan lain sebagainya.]
2). berikut statistik lengkap tentang pengguna Facebook di Dunia :
- Urutan 10 besar pengguna Facebook di dunia :
1. United States        145,747,320
2. Indonesia                32,131,200
3. United Kingdom    28,661,600
4. Turkey                    24,368,960
5. France                    20,330,580
6. Philippines             18,901,900
7. Mexico                   18,243,080
8. Italy                        17,914,220
9. India                       17,288,060
10. Canada                 17,142,920

Perbandingan Pengguna laki-laki dan perempuan
* Laki-laki                59.4 % (18.919.540 pengguna)
* Perempuan             40.6 % (12.942.760 pengguna)
Perbandingan Umur pengguna
18-24 tahun         41.8 %
11-17 tahun         25.3 %
25-34 tahun         21.4 %
35-44 tahun          6.3 %
< 13 tahun                2 %
45-54 tahun          1.6 %
+ 65 tahun            1.2 %
Keaktifan menggunakan Facebook
Di Indonesia hampir seluruh akun facebook aktif menggunakan facebook baik itu menggunakan PC ataupun Mobile.

Posting Komentar

0 Komentar