Cara Membuat E-Mail Gmail



  1. Kunjungi halaman https://mail.google.com
  2. Pada halaman tersebut, ada dua tempat untuk memulai membuat email di gmail. Bisa dengan meng-klik "Create an Account" dikanan atas,
    Cara Membuat Email di Gmail
    atau dengan meng-klik "Create an Account" yang ada ditengah halaman dibawah mobile access gmail.
    Cara Membuat Email di Gmail
    Juga bagi Anda yang kurang suka dengan Bahasa Inggris, bisa juga mengubah bahasa tampilan kedalam Bahasa Indonesia dengan mengatur bahasa di pojok kanan bawah kedalam Bahasa Indonesia.
    Cara Membuat Email di Gmail
  3. Setelah Anda meng-klik salah satu link "Create an Account" tersebut, Anda akan dihantar kehalaman form pengisian data sebagai berikut:

    Cara Membuat Email di Gmail
    • Isi nama awal dan akhir Anda. Misalnya Nama Awal (first): Andrean dan nama akhir (last): Wildan.
    • Pilih username yang digunakan sebagai alamat email. Misalnya: andreanwildan. Sehingga alamat email di gmail yang Anda buat akan seperti andreanwildan@gmail.com
    • Buatlah password (Create Password) yang akan selalu digunakan untuk membuka atau mengakses email Anda.
    • Isikan password yang sudah dibuat tadi (Confirm your password)
    • Isi bulan, tanggal dan tahun kelahiran Anda.
    • Pilih jenis kelamin (Gender) Anda.
    • Masukkan nomor handphone Anda. Pastikan penulisan nomor handphone adalah dengan membuang angka nol didepan dan diganti dengan +62 sebagai kode wilayah Indonesia.
    • Masukkan alamat email lain Anda (Jika punya). Alamat email ini hanya digunakan untuk konfirmasi jika suatu saat Anda lupa password untuk membuka email Anda. Namun, jika nomor handphone yang diberikan valid, konfirmasi bisa juga dilakukan via telpon ataupun sms. Akan ada pengaturan lebih lanjut tentang hal ini.
    • Masukkan kode verifikasi. Pastikan untuk menulis angka atau huruf dengan benar. Ini dimaksudkan untuk validitas Anda sebagai pembuat email di gmail adalah memang benar orang (manusia) dan dilakukan secara manual, bukan mesin yang membuat email di gamail secara otomatis.
    • Pastikan lokasi tertera adalah Indonesia.
    • Centang semua pilihan dan klik "Next Step".
  4. Pada tampilan selanjutnya, Anda ditunjukkan ke tampilan profil email di gmail Anda. Pada tahap ini sebenarnya bisa langsung ke "Next Step". Namun direkomendasikan untuk menambah foto profil aku gmail. Ini berguna sekali dalam pemanfaatan dan penggunaan layanan google selanjutnya. Dan untuk menambah foto profil, klik "Add Profile Photo"
    Cara Membuat Email di Gmail
  5. Klik "Select a photo from your computer" untuk meng-upload foto profil Anda. Disarankan untuk menggunakan ukuran foto kecil saja dan persegi empat. Ini untuk memudahkan peng-upload-an dan pengaturan selanjutnya.
    Cara Membuat Email di Gmail
  6. Setelah foto ter-upload, kita masih bisa mengatur gambar. Namun jika sudah sesuai dengan yang kita inginkan, klik "Set a Profile Photo".
    Cara Membuat Email di Gmail
  7. Inilah tampilan foto profil akun email di gmail Anda. Pada tahap ini Anda masih diberi kesempatan untuk mengedit kembali foto profil jika belum sesuai seperti yang diinginkan. Jika sudah, klik "Next Step".
    Cara Membuat Email di Gmail
  8. Selesai sudah semua tahap cara membuat email di gmail. Dan dari semua tahap tersebut, Anda sudah mendapatkan alamat email di gmail yang sudah bisa dibagikan kepada teman-teman, yaitu andreanwildan@gmail.com.
    Cara Membuat Email di Gmail
    Dengan mengikuti semua langkah cara membuat email di gmail ini, Anda juga sudah otomatis memiliki akun dan profil Google Plus (G+) yang merupakan satu-satunya profil pengguna semua layanan google lainnya.
    Cara Membuat Email di Gmail
  9. Untuk melihat tampilan isi email di gmail anda, silahkan klik "Continue to Gmail".
  10. Jika ada tampilan berikut, klik "Continue to the new look"
    Cara Membuat Email di Gmail
  11. Dan inilah tampilan isi email di gmail Anda. klik Gambar untuk memperbesar (ukuran penuh).
    Cara Membuat Email di Gmail
Demikianlah cara membuat email di gmail ini. Dan dengan memiliki akun email di gamil, berarti anda sudah berhak untuk menggunakan semua layanan google lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar