Sejarah Republik Kroasia

Republik Kroasia adalah negara berbentuk bulan sabit di Eropa berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah selatan, Eropa Tengah di utara dan Balkan di tenggara. Ibu kotanya adalah Zagreb. Dalam sejarahnya, negara ini merupakan negara republik untuk Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Negara ini melepaskan diri dan memperoleh kemerdekaan pada 1991 dan merupakan kandidat dari anggota Uni Eropa.
Kroasia adalah anggota dari PBB, yang Organisasi untuk Keamanan dan Co-operasi di Eropa, di Dewan Eropa dan merupakan non-anggota tetap dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk istilah 2008-2009. Negara ini juga calon untuk keanggotaan dari Uni Eropa dan calon anggota NATO. Kroasia diharapkan resmi bergabung NATO pada April 2009, [5] sehingga kedua Republik Sosialis Federal Yugoslavia bangsa untuk bergabung dengan aliansi militer berikut Slovenia. Selain itu, Kroasia juga merupakan anggota dari Uni untuk Mediterania setelah didirikan pada 2008.
Republika Hrvatska
Bendera
Motto
Lagu kebangsaanLijepa naša domovino
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Zagreb
Bahasa resmi Kroasia
Demonim Croat, Croatian
Pemerintahan Republik demokratis
 -  Presiden Ivo Josipović
 -  Perdana Menteri Jadranka Kosor
Kemerdekaan
Luas
 -  Total 56,542 km2 (124)
 -  Air (%) 1.09
Penduduk
 -  Perkiraan 2009 4.489.409[1] (ke-122)
 -  Sensus 2001 4.437.460[2] 
 -  Kepadatan 83/km2 (ke-115)
PDB (KKB) Perkiraan 2009
 -  Total $78.539 billion[3] 
 -  Per kapita $17.703[3] 
PDB (nominal) Perkiraan 2009
 -  Total $63.188 juta[3] 
 -  Per kapita $14.243[3] 
Gini (2008) 29 (low
IPM (2007) 0.871[4] (high) (ke-45)
Mata uang Kuna (HRK)
Zona waktu CET (UTC+1)
 -  Musim panas (DST) CEST (UTC+2)
Lajur kemudi kanan
Ranah Internet .hr
Kode telepon 385

Sejarah

Sejarah awal

Oton Iveković,Saat kedatangan dari Croats di pantai dari Adriatik
Yang dikenal sebagai daerah ini telah dihuni Kroasia sepanjang periode prasejarah, pernah sejak zaman Batu. Di daerah Krapina, orangtua yang Neanderthals telah datang ke tengah Paleolitik. Pada awal berkenaan dgn zaman batu baru periode, maka Starčevo, Vučedol dan Hvar budaya yang tersebar di seluruh wilayah. The Besi Umur kiri bekas dari Hallstatt budaya (awal Illyrians) dan La Tène budaya (Celt).
Banyak kedua daerah itu dihuni oleh Liburnians dan Illyrians, dan koloni Yunani didirikan di pulau Vis (oleh Dionysius I dari Syracuse) dan Hvar. [6] 9 AD di wilayah yang sekarang Kroasia menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi. Kaisar Romawi Diocletian membangun besar istana dalam Split di mana ia pensiun dari politik dalam AD 305. [7]Selama abad terakhir 5. Kaisar Roma Julius Nepos kecil yang memerintah kerajaan Diocletian dari Istana sebelum dia meninggal di AD 480. Awal sejarah Kroasia berakhir dengan Avar invasi pada setengah dari abad 7. Dan pemusnahan dari hampir seluruh kota Roma. Hidup penduduk Romanised escape ke arah kota-kota pesisir dan pulau-pulau, di mana ia dapat mengatur lebih baik mempertahankan poin strategis. Yang terkenal seperti ini harus didirikan kota akan menjadi kota Dubrovnik hari ini.

Kerajaan Kroasia sebelum Habsburgs

The Croats tiba di hari ini adalah apa Kroasia di abad ketujuh. Mereka disusun dalam dua pangkat seorang duke s; di tanah milik duke dari Pannonian Croatia di utara dan dari tanah milik duke pesisir Kroasia di selatan. Sebagian besar, yang Kristenisasi yang menetap Croats berakhir pada abad 9.. Kedua duchies menjadi Frankish vasals pada akhir abad ke-8, dan akhirnya menjadi independen di abad berikut.
Penguasa pertama Kroasia diakui oleh paus adalah duke Branimir, yang Pope John VIII disebutdux Croatorum( "raja Croats") di 879. [8] . Selama di awal abad 10. Pannonian Kroasia telah melampaui oleh Magyars, yang kemudian dikalahkan oleh duke Tomislav dari pesisir Kroasia yang dikelola untuk bersatu dengan 2 duchies, dan telah crowned di 925 pertama sebagai raja kerajaan Kroasia. Terpenting ini kemudian dikonfirmasi oleh Byzantium yang telah memberikan raja mahkota ke Stjepan Držislav [9] mahkota paus dan raja ke Zvonimir. The abad Kroasia kerajaan mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Raja Petar Krešimir IV (10581074). Setelah kehilangan Kroasia yang memerintah dinasti di 1091 Ladislaus I Hungaria saudara Jelena Lijepa terakhir Kroasia ratu akan menjadi raja Kroasia. Bangsawan Kroasia dari daerah pesisir ini bertentangan terpenting yang menyebabkan 10 tahun perang dan pengakuan terhadap Hungaria penguasa Coloman sebagai raja untuk umum dan Kroasia Hungaria dalam perjanjian dari 1102 (sering disebut sebagai Pacta conventa ). Kerajaan Kroasia selama pribadi serikat tidak pernah kehilangan hak untuk memilih raja-raja yang berbeda dari Hongaria yang telah memerintah dinasti menjadi punah, dan di 1293 dan 1403 [http:// www.zadarskilist.hr/clanci/07072008/kako-je-i-zasto-ladislav-prodao-dalmaciju] Kroasia memilih raja-raja yang berbeda, namun kedua dalam kasus Kerajaan Hungaria telah menyatakan perang pribadi dan kesatuan itu didirikan lagi.
Selama 4 abad pribadi kesatuan Kerajaan Kroasia akan memerintah oleh bans diangkat oleh raja Hungaria. Lainnya akibat dari perubahan kepada raja Hungaria termasuk pengenalan feodalisme dan kebangkitan yang mulia asli keluarga seperti Frankopan dan Subic. Raja-raja yang kemudian berusaha untuk mengembalikan sebagian dari mereka sebelumnya hilang pengaruh tertentu dengan memberikan hak kepada kota.
Pertama periode pribadi kesatuan antara Kroasia Hungaria dan berakhir pada 1526 dengan Battle of Mohács dan kekalahan dari Hongaria memaksa oleh Ottomans. Setelah kematian Raja Louis II, Kroasia nobles di Cetingrad sidang memutuskan untuk memilih Habsburgs untuk raja-raja baru dari Kroasia di bawah kondisi yang mereka berikan cukup tentara dan uang untuk perlindungan terhadap Croatia invading Ottomans.

Habsburgs

Historical Coat of Arms of the The Triune Kingdom of Croatia until 1918.
Segera setelah Battle of Mohács Habsburgs tdk berhasil berusaha untuk menstabilkan perbatasan antara Ottomans dan Kerajaan Kroasia dengan menciptakan kapten dalam Bihać, tetapi pada 1529 yang Turks swept melalui daerah, diambil Buda terkepung dan Wina, wreaking malapetaka di seluruh wilayah perbatasan Kroasia. Setelah kegagalan pertama militer proyek, Kerajaan Kroasia telah menjadi sipil dan militer di memperdua 1553. Militer dari separuh Habsburgs telah membuat Kroasia dan Krajina Slavia dan akhirnya keduanya akan menjadi bagian dari Militer Frontier yang berada di bawah pengawasan langsung dari Wina. Turki raids di wilayah Kroasia berlangsung sampai 1593 dan Battle of Sisak setelah batas yang stabil dalam jangka panjang. Kerajaan waktu itu telah menjadi dikenal dengan namapeninggalan reliquiarum olim inclyti Regni Croatiae( "The tetap yang tetap dari Kerajaan Kroasia "). Selama Perang Besar Turki Slavonia itu akan dikembalikan, tetapi perbukitan barat Bosnia yang telah menjadi bagian Kroasia sampai penaklukan Usmani tidak akan dikembalikan hari ini dan bentuk yang menyerupai sebuah bulan sabit yang ladam atau merupakan sisa dari hasil sejarah ini. Selatan bagian ladam yang telah dibuat dengan Republik Venesia 's conquests setelah Keempat usaha dan selama 17-abad 18 perang dengan Ottomans. Resmi alasan ini Venesia ekspansi setelah abad 15. Adalah keputusan yang bermahkota raja Croatia, Ladislas dari Naples, yang menjual hak-Nya pada Dalmatia ke dalam Venice 1409 zadarskilist.hr/clanci/07072008/kako-je-i-zasto-ladislav-prodao-dalmaciju.
Ladam bagian selatan harus dibuat oleh Republik Dubrovnik yang didirikan pada 1358 dengan Zadar Treaty di mana Republik Venesia dikalahkan oleh Croato-Hongaria pribadi serikat telah meninggalkan semua kota-kota di pesisir Dalmatia. Selama 450 tahun akan perdagangan Dubrovnik republik dengan sambungan di semua negara Eropa dan Mediterania dan bahkan akan memiliki koloni di India. Republik akan annexed hanya 1808 oleh Napoleon dan hari ini adalah kota wisata yang terkenal adalah pada UNESCO Situs Warisan Dunia s daftar.
Kroasia tahun 1918 menjadi bagian dari Kerajaan SHS yang kemudian diubah namanya ke Kerajaan Yugoslavia.
Ndh 1941.png
Dalam 1941-1945, selama Perang Dunia II, sebuah Kekuasaan Axis wayang negara dikenal sebagai Independent State of Croatia ada di layanan kepada rezim Nazi. Modern Kroasia dibuat pada AVNOJ anti-fasis partisans yayasan [10] selama WWII, yang menjadi pokok dari republik federal Republik Sosialis Federal Yugoslavia.
Dalam 1941-1945, selama Perang Dunia II, sebuah Axis Pada tahun 1990, setelah memegang pemilu demokratis pertama di negeri ini, memenangkan pemilu dari Kroasia Demokratik Union telah bertentangan di kota dengan mayoritas Serbia memproklamirkan diri dan otonomi, dimulai pada tahun 1991 sebuah pemberontakan yang ternyata menjadi panjang dan berdarah perang. Perang telah waged antara pasukan Kroasia dan menyatakan diri Republik Serbia Krajina membantu Serbia-dikontrol oleh Yugoslav People's Army. Akhirnya perang berakhir pada 1995 dengan kemenangan Kroasia dan pesanan Republik Serbia Krajina dari kepemimpinan untuk segera evakuasi semua penduduk terhadap Bosnia Herzegovina.
Kroasia telah diakui secara internasional pada 15 Januari, 1992, oleh Uni Eropa dan PBB, di saat ketika ia tidak memiliki kedaulatan penuh selama lebih dari 1/3rd wilayah-nya. Negara pertama adalah mengenali Kroasia Indonesia pada 19 Desember 1991. [11]

Geografi

Map of Croatia
Kroasia terletak antara Eropa Selatan dan Eropa Timur. Its bentuk yang menyerupai sebuah bulan sabit atau ladam, para tetangga yang flanks Serbia, Bosnia Herzegovina dan Montenegro. Terletak di sebelah utara Slovenia dan Hungaria; Italia yang terletak di Laut Adriatik. Nya adalah wilayah daratan terpecah dalam dua bagian non-menyebelah oleh jangka pendek dari garis pantai dan Bosnia Herzegovina sekitar Neum.
Memiliki daerah yang beragam, termasuk:
Phytogeographically, termasuk Kroasia ke Kerajaan utara dan bersama-sama antara Eropa Tengah dan Illyrian provinsi dari Circumboreal Wilayah dan Adriatik provinsi dari Mediterania Wilayah. Menurut WWF, di wilayah Kroasia dapat subdivided menjadi tiga ecoregion s: di Pannonian dicampur hutan, Dinaric Mountains dicampur hutan dan [ [Illyrian hutan gugur]].
Negara ini terkenal dengan banyak taman nasional. Kroasia memiliki iklim campuran. Di sebelah utara dan timur itu adalah kontinental, Mediterania di sepanjang pantai dan semi-tinggi dan tinggi iklim di selatan pusat-daerah. Istra memiliki sedang iklim, sementara Palagruža kepulauan adalah rumah ke subtropis iklim.
Lepas pantai Kroasia terdiri dari lebih dari seribu satu pulau dalam berbagai ukuran. Pulau terbesar di Kroasia adalah Cres dan Krk yang terletak di Laut Adriatik. Danau Danube, sungai lama kedua Eropa, berjalan melalui kota Vukovar. Dinara, singkatan yang terkenal dari Dinaric Alps, adalah puncak tertinggi di Kroasia, dengan mempunyai tinggi 1831 meter di atas permukaan laut. [12]
Pulau Mljet
Teluk Lučice, terletak di dekat Milna, Brač
Danau Plitvice, merupakan salah satu UNESCO World Heritage Site.
Istana Trakošćan
Kota tua Dubrovnik, yang merupakan warisan budaya UNESCO dan sering menjadi tempat favorit turis.
Terdapat 49 pits lebih dari 250 m di Kroasia, 14 di antaranya adalah lebih dari 500 m dan tiga lebih dari 1000 m (Goa sistem Lukina jama-Trojama, Slovacka dan jama Gua sistem Velebita). The deepest pits Kroasia sebagian besar ditemukan di dua daerah - Gunung Velebit dan Gunung Biokovo. [13]

Wilayah

Templat:Lihat juga Kroasia dibagi menjadi 20 negara (zupanija) dan Zagreb adalah salah satu kota kabupaten terpopuler di sana. (dalam huruf miring di bawah ini):

Nama paling terkenal Nama asli
1 Zagreb Zagrebačka
2 Krapina-Zagorje Krapinsko-zagorska
3 Sisak-Moslavina Sisačko-moslavačka
4 Karlovac Karlovačka
5 Varaždin Varaždinska
6 Koprivnica-Križevci Koprivničko-križevačka
7 Bjelovar-Bilogora Bjelovarsko-bilogorska
8 Primorje-Gorski Kotar   Primorsko-goranska
9 Lika-Senj Ličko-senjska
10 Virovitica-Podravina Virovitičko-podravska
11 Požega-Slavonia Požeško-slavonska
12 Brod-Posavina Brodsko-posavska
13 Zadar Zadarska
14 Osijek-Baranja Osječko-baranjska
15 Šibenik-Knin Šibensko-kninska
16 Vukovar-Srijem Vukovarsko-srijemska
17 Split-Dalmatia Splitsko-dalmatinska
18 Istria Istarska
19 Dubrovnik-Neretva Dubrovačko-neretvanska
20 Međimurje Međimurska
21 City of Zagreb Grad Zagreb

Situs Warisan Dunia

Pemerintahan dan politik

Banski dvori - 2-story baroque building which was the residence of Croatian bans from 1809 until 1918
Karena adopsi dari 1990 Konstitusi, Kroasia telah menjadi demokrasi. Antara 1990 dan 2000 ini memiliki sistem semi-presiden, dan sejak 2000 ia memiliki parlemen sistem.
Presiden Republik (Predsjednik) adalah kepala negara, dipilih secara langsung untuk lima tahun dan dibatasi oleh konstitusi untuk maksimal dua istilah . Selain menjadi komandan di kepala dari angkatan bersenjata, presiden mempunyai kewajiban prosedural penunjukan Perdana Menteri dengan persetujuan dari Parlemen, dan memiliki pengaruh pada politik luar negeri. Nya kediaman resmi adalah Predsjednički dvori. Selain itu dia panas Residences di pulau Vanga (Brijuni pulau-pulau) dan pulau Hvar.
Parlemen Kroasia (Sabor) adalah unicameral legislatif (kedua ruang, maka "Rumah negara", yang didirikan oleh Konstitusi 1990, pada tahun 2001 telah ditiadakan) . Jumlah sabor dari anggota dapat bervariasi dari 100 hingga 160; mereka semua dipilih oleh suara rakyat untuk melayani empat tahun istilah. Pleno pada sesi sabor yang berlangsung dari 15 Januari ke 15 Juli, September dan dari 15 sampai 15 Desember.
Pemerintah Kroasia (Vlada) yang dipimpin oleh Perdana Menteri yang memiliki dua wakil perdana menteri dan empat belas menteri di sektor tertentu biaya kegiatan. The eksekutif yang bertanggung jawab untuk mengajukan perundang-undangan dan anggaran, melaksanakan undang-undang, dan pedoman yang asing dan kebijakan internal dari republik. Pemerintah 's kediaman resmi adalah Banski dvori.

Hukum

Kroasia memiliki tiga sistem peradilan berjenjang, yang terdiri dari Mahkamah Agung, County pengadilan, dan kota pengadilan. The Mahkamah Konstitusi peraturan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Konstitusi. Penegakan hukum di Kroasia adalah menjadi tanggung jawab polisi memaksa Kroasia, yang berada di bawah kontrol dari Kementerian negeri. [14][15] Dalam beberapa tahun terakhir, kekuatan yang telah melakukan reformasi yang dengan bantuan dari lembaga internasional, termasuk Organisasi untuk Keamanan dan Co-operasi di Eropa sejak misinya ke Kroasia dimulai pada 18 April 1996 . [14]

Demografi

Evacuation order
Selama lebih dari 20 abad penduduk Kroasia telah meningkat dari 3430270 di 1931-4784265 pada tahun 1991[16]. Selama dekade terakhir abad 20 penduduk Kroasia telah tersendat karena Yugoslav Wars. Selama 1991-1995 perang, bagian besar dari penduduk yang terlantar dan emigrasi meningkat. Dalam, 1991 saat pembersihan etnis promosi yang dilakukan oleh pasukan pemberontak-orang Serbia di wilayah Serbia dan Kroasia Kroat militer di daerah-diisi, 80000 Croats itu diusir dari rumah mereka secara paksa atau melarikan diri dengan kekerasan. [17] 350,000[rujukan?]. During last days of war 350,000[rujukan?] Serbs left Croatia under evacuation order of the rebel Serb government. 11,834 Croats were killed and 1,348 are still missing.[18][19] Banyak Croats telah kembali tetapi porsi besar melarikan diri ke Eropa barat dan tinggal di sana. Banyaknya jumlah Croats (sekitar 118.000) diusir dari Serbia-Bosnia diselenggarakan bagian, kebanyakan Bosanska Posavina pada tahun 1992 terus tinggal di Kroasia tidak dapat kembali ke rumah mereka. [20] Beberapa 200.000 [21][22] Serbs melarikan diri pada akhir perang. Ratusan warga sipil telah tewas selama Operasi Storm, sesuai dengan BBC. [23] Hanya sebagian kecil pecahan dari Serbs dari Kroasia telah kembali ke tanah air mereka sejak tahun 1995, menurut Human Rights Watch. [24] Tingkat pertumbuhan penduduk yang sedang negatif [25] dengan transisi demografis selesai pada tahun 1970-an. [26] Rata-rata harapan hidup adalah 75,1 tahun, [25] dan tingkat melek aksara adalah 98,1 persen. [25] Selama tahun terakhir pemerintah Kroasia di bawah tekanan untuk menambahkan setiap tahun bahkan lebih 40% asing untuk izin kerja pekerja asing [1] dan sedang mencoba dengan kebijakan imigrasi untuk memanggil kembali emigrants untuk kembali [2]. Utama dari Kroasia adalah agama Katolik Roma 88%, Ortodoks 4,4%, Kristen lainnya 0,4%, Muslim 1,3%, dan lainnya yg tak ditentukan 0,9%, tidak ada 5,2%.

Ekonomi

Kroasia ekonomi yang memiliki fungsi ekonomi pasar stabil. International Monetary Fund data menunjukkan bahwa Kroasia nominal PDB berdiri pada $ 50,053 miliar, atau $ 11.271 per kapita, pada tahun 2007. [27] Perkiraan IMF untuk 2008 adalah $ 54,950 miliar, atau $ 13.553 per kapita. [27] Dalam paritas daya beli istilah, total PDB adalah $ 69,866 miliar pada 2007, setara dengan $ 15.733 per kapita. [27] Untuk 2008, adalah ramalan menjadi $ 74,419 miliar, atau $ 16.758 per kapita. [27]
Menurut Eurostat data, Kroasia PPS PDB per kapita berdiri pada 57,5 persen dari Uni Eropa pada tahun 2007 rata-rata, dan ramalan adalah untuk mencapai 57,8 persen pada 2008. [28] Pertumbuhan riil PDB pada tahun 2007 adalah 6,0 persen. [29]Rata-rata gaji kotor dari Kroat selama sembilan bulan pertama 2008 adalah 7161 kuna (US $ 1530) per bulan [30] Dalam 2007, International Labour Organization-ditentukan pengangguran berdiri pada tingkat 9,1 persen, setelah jatuh mantap dari 14,7 persen pada tahun 2002. [31]Terdaftar di tingkat pengangguran yang lebih tinggi, meskipun, berdiri di 13,7 persen pada Desember 2008. [32]
Pada tahun 2007, 7,2 persen dari output ekonomi telah menyumbang oleh pertanian, 32,8 persen oleh industri dan 60,7 persen oleh sektor jasa. [25] Menurut data 2004, 2,7 persen dari angkatan kerja yang bekerja di sektor pertanian, 32,8 persen oleh industri dan 64,5 pelayanan. [25]
Sektor industri yang didominasi oleh kapal, pengolahan makanan dan industri kimia. Pariwisata adalah tokoh sumber pendapatan selama musim panas, dengan lebih dari 10 juta wisatawan asing pada tahun 2006 yang menghasilkan pendapatan dari € 8 miliar. [33] Kroasia peringkat 18. Sebagai daerah tujuan wisata paling populer di dunia. [33] Croatia tahun 2006 diekspor barang dengan nilai sebesar $ 10,4 miliar ( FOB) ($ 19,7 miliar termasuk layanan ekspor). [33]
Yang khusus yang backlogged peradilan sistem, dikombinasikan dengan tidak efisien administrasi publik, khususnya masalah kepemilikan tanah dan korupsi. Masalah utama yang lain termasuk negara berkembang besar dan hutang yang telah mencapai lebih dari 34 miliar euro atau 89,1 persen dari produk domestik bruto bangsa. [34] Karena masalah ini, studi menunjukkan bahwa penduduk Kroasia umumnya memiliki harapan negatif dari negara ekonomi di masa depan. [35]
Negara telah mempersiapkan keanggotaan di Uni Eropa, yang paling penting perdagangan mitra. Pada bulan Februari 2005, Perjanjian Stabilisasi dan Asosiasi dengan Uni Eropa secara resmi mulai berlaku.

Posting Komentar

0 Komentar