Perbedaan Internet, Intranet, Ekstranet, dan Ethernet

Jika anda sudah mengetahui hal ini sebaiknya anda tidak perlu meneruskan . Post ini ditujukan bagi teman-teman yang belum tahu tentang perbedaan hal-hal diatas, dan yang mau tau. :D
1. Internet (Interconnected Network)

Aneh memang jika anda tidak tahu apa itu internet, namun tidak aneh jika anda tidak tau arti internet dalam bahasa formal nya :p
*Internet adalah koneksi jaringan komputer global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun berbeda mesin dan sistem operasi. Teknologi komunikasi datanya terdiri dari berbagai model dan platform, namun dapat saling terhubung dengan protokol TCP/IP dan aplikasi berbasis web.
*Internet merupakan suatu jaringan telekomunikasi yang sangat luas meliputi seluruh dunia. Jaringan ini memungkinkan terjadinya komunikasi data antar berbagai tempat di dunia.
2. Intranet (Intra Network)

Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan/kantor, dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data seperti internet. Bahkan warung internet (warnet) pun dapat dikategorikan sebagai intranet.
Sebetulnya sebuah intranet tidak perlu sambungan luar ke internet untuk berfungsi secara benar, intranet menggunakan semua protokol TCP/IP dan aplikasi-nya sehingga kita memiliki “private” network atau jaringan internal.
Misalnya jaringan komunikasi yang memungkinkan terjadinya pertukaran data antara cabang dan kantor pusat Bank Mandiri. Pihak lain (publik) tidak dapat mengakses situs, data atau aplikasi yang dishare atau dipublish di jaringan intranet ini.
3. Ekstranet
Sedangkan ekstranet merupakan jaringan komunikasi antar dua atau lebih institusi (perusahaan) untuk kepentingan bisnis tertentu. Komunikasi data menggunakan jaringan yang sama dengan internet, namun bersifat tertutup sehingga hanya yang berkepentingan saja yang dapat terhubung. Teknologinya menggunakan apa yang kita kenal dengan istilah VPN (Virtual Private Network). Misalnya jaringan komunikasi antara perusahaan manufatur dengan perusahaan supplier
sumber : O’brien, 2007, “Introduction to Information Systems”, McGrawHill
Bisa dibilang ekstranet adalah keadaan dimana sebuah bada usaha/bisnis/ perusahaan yang mengekspose sebagian dari interal jaringannya ke komunitas luar. Biasanya tidak semua isi intranet dikeluarkan ke publik untuk menjadikan intranet sebagai ekstranet. Badan usaha atau perusahaan yang memiliki jaringan internal tersebut biasanya memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakkan firewall.
Firewall adalah sebuah perangkat lunak/perangkat keras yang mengatur akses seseorang ke dalam intranet atau akses user di dalam jaringan lokal ke jaringan di luar.
Proteksi bisa dilakukan dengan berbagai parameter jaringan, apakah itu dari aplikasi, IP adress, nomor port, dll. Jika firewall diaktifkan maka akses dapat dikontrol sehingga kita hanya dapat mengakses sebagian saja dari intranet perusahaan tersebut.
4. Ethernet
Sedangkan ethernet konsepnya sangat berbeda dengan ketiga konsep diatas. Ethernet adalah hardware. Hardware berupa card yang dipasang pada komputer agar komputer bisa terhubung dengan jaringan atau kabel LAN ( twisted pair wire). Jjadi ethernet merupakan salah satu alat (media komunikasi) yang dipasang di dalam CPU pada PCI slot. Ini berfungsi untuk menghubungkan kabel dalam jaringan dan  memungkinkan terjadi koneksi internet, intranet, atau ekstranet. Walaupun biasanya digunakan untuk jaringan LAN
Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.

Kartu Jaringan (Ethernet Card) tahun 1990an versi kombo dengan dua konektor masukan, kabel koaksial 10BASE2/konektor BNC (kiri) dan konektor RJ-45/Twisted-pair-based 10BASE-T (kanan)

Posting Komentar

0 Komentar