468x60 Ads

Sejatah Paris (Perancis)

Perancis, secara resmi Republik Perancis (bahasa Perancis: République française, pengucapan bahasa Perancis: [ʁepyblik fʁɑ̃sɛz]), merupakan sebuah negara yang teritori metropolitannya terletak di Eropa Barat dan juga memiliki berbagai pulau dan teritori seberang laut yang terletak di benua lain.[1] Perancis Metropolitan memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara, dan dari Rhine ke Samudera Atlantik. Orang Perancis sering menyebut Perancis Metropolitan sebagai "L'Hexagone" ("Heksagon") karena bentuk geometris teritorinya. Perancis adalah sebuah republik kesatuan semi-presidensia yang tidak punya presiden. Ideologi utamanya tercantum dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara.
Perancis berbatasan dengan Belgia, Luksemburg, Jerman, Swiss, Italia, Monako, Andorra, dan Spanyol. Karena memiliki departemen seberang laut, Perancis juga berbagi perbatasan tanah dengan Brasil dan Suriname (berbatasan dengan Guyana Perancis), dan Sint Maarten (berbatasan dengan Saint-Martin). Perancis juga terhubung dengan Britania Raya oleh Terowongan Channel, yang berada di bawah Selat Inggris.
Perancis telah menjadi salah satu kekuatan terbesar dunia sejak pertengahan abad ke-17. Di abad ke-18 dan 19, Perancis membuat salah satu imperium kolonial terbesar saat itu, membentang sepanjang Afrika Barat dan Asia Tenggara, memengaruhi budaya dan politik daerah. Perancis adalah negara maju, dengan ekonomi terbesar keenam (PDB nominal) atau kedelapan (PPP) terbesar di dunia. Merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia, menerima 82 juta turis asing per tahun (termasuk pelancong bisnis, tapi tak termasuk orang yang menetap kurang dari 24 jam di Perancis).[2] Perancis adalah salah satu negara pendiri Uni Eropa, dan memiliki wilayah terbesar dari semua anggota. Perancis juga negara pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan anggota Francophonie, G8, NATO, dan Uni Latin. Merupakan salah satu lima anggota permanen Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa; juga kekuatan nuklir yang besar dengan 360 hulu ledak aktif dan 59 pembangkit listrik tenaga nuklir.

République française
Bendera Lambang
MottoLiberté, Egalité, Fraternité
(Bahasa Perancis: Kebebasan, Keadilan, Persaudaraan)
Lagu kebangsaanLa Marseillaise
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Paris
Bahasa resmi Bahasa Perancis
Pemerintahan Republik presidensiil
 -  Presiden Nicolas Sarkozy
 -  Perdana Menteri François Fillon
Kemerdekaan
Luas
 -  Total 675,4171 km2 (41)
 -  Air (%) 0,26%
Penduduk
 -  Perkiraan 2006 61.045.0002 (20)
 -  Kepadatan 111/km2 
PDB (KKB) Perkiraan 2003
 -  Total US$1.661 miliar (5)
 -  Per kapita US$27.600 
PDB (nominal) Perkiraan 2006
 -  Total US$13.245 miliar (1)
 -  Per kapita US$44.190 (8)
Mata uang Euro (€)3 (EUR)
Zona waktu CET4 (UTC+1)
 -  Musim panas (DST) CEST4 (UTC+2)
Ranah Internet .fr
Kode telepon 33
1 Seluruh wilayah Republik Perancis, termasuk semua departemen dan wilayah luar negeri, kecuali Terre Adélie di Antartika di mana kedaulatan ditunda sejak ditanda tanganinya Persetujuan Antartika pada 1959.
2 Di Perancis Metropolitan: 60.560.000 jiwa.
3 Di seluruh wilayah Republik Perancis, kecuali wilayah luar negeri di Samudra Pasifik menggunakan Franc CFP
4 Di Perancis metropolitan (wilayah Eropa) saja.

0 komentar:

Poskan Komentar