Negara Perbatasan Guatemala

Republik Guatemala adalah sebuah negara di Amerika Tengah, di selatan benua Amerika Utara, berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Laut Karibia. Dia berbatasan dengan Meksiko di utara, Belize di barat laut, dan Honduras dan El Salvador di tenggara. Guatemala merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia.
República de Guatemala
Bendera
MottoEl Pais De La Eterna Primavera
(Spanyol: "Negara Musim Semi Abadi")
Lagu kebangsaanGuatemala Feliz
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Guatemala City
Bahasa resmi Spanyol
Pemerintahan Republik
 -  Presiden Álvaro Colom
 -  Wakil Presiden Rafael Espada
Kemerdekaan
 -   - Dari Spanyol
15 September 1821 
Luas
 -  Total 108,890 km2 (106)
 -  Air (%) 0,4%
Penduduk
 -  Perkiraan 2010 14.361.666 (62)
 -  Sensus -
 -  Kepadatan 134/km2 (55)
PDB (KKB) Perkiraan 2005
 -  Total US$53,61 miliar (70)
 -  Per kapita US$4.009 (116)
Mata uang Quetzal (GTQ)
Zona waktu (UTC-6)
 -  Musim panas (DST) tidak ada (UTC-6)
Ranah Internet .gt
Kode telepon 502

Sejarah

Guatemala pernah menjadi terkenal ketika gempa bumi maha dahsyat memporakporandakan negara itu pada 4 Februari 1976. Melukai 74.000 jiwa, dan membinasakan 22.000 jiwa.

Politik

Parlemen unikameral Guatemala, Kongres Guatemala (Congreso de la República) dengan 158 kursi, dipilih setiap 4 tahun, bersamaan dengan pemilihan presiden. Presiden Guatemala berlaku sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Dalam tugas eksekutifnya, ia dibantu oleh kabinet menteri yang ditunjuknya.

Geografi

Terletak paling utara di antara negara-negara Amerika Tengah. Luas daratannya sedikit lebih kecil dari Provinsi Kalimantan Barat ini, bertetangga dengan Meksiko di utara, barat dan timur, Belize, Honduras, dan El Salvador di timur.
Kecuali daerah pesisir selatan dan dataran rendah Petern yang luas di utara, daerah Guatemala kebanyakan bergunung, dengan iklim tropis panas — lebih ramah di dataran tinggi, dan lebih kering di departemen paling timur. Seluruh kota besar terletak di setengah bagian selatan dari negara tersebut; kota besarnya adalah ibu kota Guatemala City, Quetzaltenango dan Escuintla.
Danau besar Lago de Izabal terletak di dekat pesisir Karibia.

Departemen

Peta pembagian administratif Guatemala
Guatemala dibagi menjadi 22 departemen (departamentos):
  1. Alta Verapaz
  2. Baja Verapaz
  3. Chimaltenango
  4. Chiquimula
  5. El Petén
  6. El Progreso
  7. El Quiché
  8. Escuintla
  9. Guatemala
  10. Huehuetenango
  11. Izabal
  12. Jalapa
  13. Jutiapa
  14. Quetzaltenango
  15. Retalhuleu
  16. Sacatepéquez
  17. San Marcos
  18. Santa Rosa
  19. Sololá
  20. Suchitepequez
  21. Totonicapán
  22. Zacapa

Ekonomi

Guatemala memiliki PDB per kapita sebesar US$ 5.000, namun negara berkembang ini masih menghadapi masalah - masalah sosial dan termasuk dalam 10 negara termiskin di Amerika Latin.[1]. Angka endapatan per kapita dan kesenjangan sosial menunjukkan bahwa hampir setengah dari populasi penduduk berada di dalam angka kemiskinan.[2] dan lebih dari 400.000 penduduk berada dalam pengangguran. CIA World Fact Book memperkirakan sekitar 56.2% dari populasi Guatemala berada dalam kemiskinan.[3] Hasil ekspor Guatemala berupa buah - buahan, sayur mayur, bunga, kerajinan tangan, garmen.
Sektor pertanian membentuk 1/4 dari PDB Guatemala, 2/3 ekspor, dan 1/2 dari tenaga kerja. Kopi, gula, dan pisang adalah produk utama. Produksi dan konstruksi membentuk 1/5 PDB.
Penandatanganan perjanjian perdamaian pada Desember 1996, yang mengakhiri 36 tahun perang saudara, menyingkirkan rintangan utama bagi investasi asing. Pada 1998, Hurikan Mitch menyebabkan sedikit kerusakan bagi Guatemala dibanding dengan negara tetangganya.
Tantangan yang masih perlu dihadapi adalah meningkatkan pendapatan pemerintah, meningkatkan bantuan dari donor internasional, dan meningkatkan efisiensi dan keterbukaan baik pemerintah dan operasi pribadi sektor finansial.

Lihat pula

Referensi

Posting Komentar

0 Komentar