468x60 Ads

Ke Ibu kotaan Spanyol

Langsung ke: navigasi, cari
Reino de España
Bendera Lambang
MottoPlus Ultra
(Latin: "Lagi ke hadapan")
Lagu kebangsaanMarcha Real
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Madrid
Bahasa resmi Spanyol (97%) 1
Pemerintahan Monarki parlementer
 -  Raja Juan Carlos I
 -  Perdana Menteri Mariano Rajoy
Persatuan
Luas
 -  Total 504,782 km2 (50)
 -  Air (%) 1,04%
Penduduk
 -  Perkiraan 2006 44.395.286 (27)
 -  Sensus 2001 40.847.371 
 -  Kepadatan 85/km2 (84)
PDB (KKB) Perkiraan 2005
 -  Total US$1.026.340 juta (14)
 -  Per kapita US$24.803 (29)
Mata uang Euro (€)2 (EUR)
Zona waktu CET3 (UTC+1)
 -  Musim panas (DST) CEST (UTC+2)
Ranah Internet .es
Kode telepon 34
1 Dalam beberapa wilayah otonomi, bahasa Katalan, bahasa Basque, dan bahasa Galicia juga merupakan bahasa resmi; di Val d'Aran, dialek Aranais dari Occitan adalah bahasa resmi kedua.
2 Sebelum 1999: Peseta
3 Kecuali di Kepulauan Canary, yang berada dalam zona waktu GMT (UTC = +0, UTC = +1 pada musim panas).
Kerajaan Spanyol (bahasa Spanyol dan Galisia: Reino de España, Katalan: Regne d'Espanya, Basque: Espainiako Erresuma) adalah sebuah negara di Eropa barat daya yang, bersama Portugal, terdapat di Semenanjung Iberia. Batas darat Spanyol dengan Eropa adalah Pegunungan Pirenia dengan Perancis dan Andorra. Wilayahnya juga terdiri dari kota Ceuta dan Melilla di Afrika Utara, Kepulauan Canary di Samudra Atlantik, dan berbagai pulau di Laut Tengah.

Geografi

Wilayah Spanyol dibatasi oleh Portugal di barat, serta Gibraltar dan Maroko di selatan. Spanyol berbatasan dengan Perancis dan Andorra di timur laut melalui Pegunungan Pirenia. Batas lautnya adalah Samudra Atlantik di barat dan Teluk Biscay di utara serta Laut Tengah di timur, di mana Spanyol memiliki wilayah Kepulauan Balearik. Di selatan, terdapat Selat Gibraltar. Kota-kota di Spanyol dengan jumlah penduduk terbanyak ialah Madrid, Barcelona, Valencia, Sevilla, dan Málaga.
Lansekap Spanyol didominasi oleh dataran tinggi dan pegunungan, seperti Pirenia dan Sierra Nevada. Dari tempat-tempat tersebut, mengalirlah berbagai sungai.
Iklim Spanyol terbagi menjadi empat bagian:
  • Mediterania
  • Daerah dalam
  • Pesisir utara
  • Canary

Pembagian administratif

Spanyol dibagi menjadi 50 provinsi, dikelompokkan dalam 17 wilayah otonomi dan 2 kota otonom yang mempunyai otonomi yang luas.

Wilayah otonomi

Spanyol terdiri dari 17 wilayah otonomi (comunidades autónomas) dan dua kota otonom (ciudades autónomas; Ceuta dan Melilla).

Provinsi

Wilayah otonomi Spanyol
Kerajaan Spanyol juga dibagi kepada 50 provinsi (provincias). Wilayah otonomi mengelompokkan beberapa provinsi (Extremadura, contohnya, terdiri dari dua provinsi: Cáceres dan Badajoz). Wilayah otonomi Asturias, Kepulauan Baleares, Cantabria, La Rioja, Navarre, Murcia, dan Madrid masing-masing terdiri dari satu provinsi. Secara tradisional, provinsi-provinsi tersebut dibagi lagi kepada wilayah bersejarah (comarcas).

Wilayah kedaulatan

Terdapat lima enklave (plazas de soberanía) di lepas pesisir Afrika: kota Ceuta dan Melilla diperintah sebagai kota-kota otonom, sebuah status yang berada di antara kota dan wilayah otonomi; kepulauan Islas Chafarinas, Peñón de Alhucemas, dan Peñón de Vélez de la Gomera berada di bawah pemerintahan langsung Spanyol.
Ceuta dan Melilla, meskipun bukan merupakan wilayah bersejarah secara resmi, juga mempunyai status istimewa.

Ekonomi

! Artikel utama untuk kategori ini adalah Ekonomi Spanyol.
Barcelona sebagai pusat keuangan
Ekonomi Spanyol merupakan sistem ekonomi campuran terbesar kesembilan di dunia dan terbesar kelima di Eropa berdasarkan GDP. Spanyol juga merupakan investor terbesar ketiga di dunia.[1]. Pariwisata dan industri mobil menjadi salah satu bidang yang paling diandalkan oleh Spanyol.

0 komentar:

Poskan Komentar