468x60 Ads

5 Kota Paling Tua di Dunia

Wedeh, jangan kira “Kota Paling Tua” itu artinya Kota Tua yang di Kota itu, kalian salah! Nggak ada Museum Fatahillah atau sepeda-sepeda ontel di kota-kota berikut ini, yang ada cuma sejarah, sejarah, dan sejarah!
1. Gaziantep, Turki (3650 SM)
Kota yang dulunya dikenal dengan nama Antep yang sekarang menjadi ibukota propinsi yang sama dengan namanya, Giazantep (kok mirip nama daerah di Tiongkok gitu ya ._.) ini adalah kota tertua yang masih tegak berdiri. Kota ini memiliki sejarah sejauh zaman orang Het (Hittite). Kota ini terus menerus ditinggali sejak zaman Paleolitikum, dan tumbuh bersama dinasti Ottoman yang terkenal.
Anyway, kalo kalian nggak tau, dinasti Ottoman adalah dinasti Islam yang paling besar di Turki. Daerah taklukan dinasti ini membentang luas, dari Mesir hingga Semenanjung Balkan. Eropa pun pernah dibuat takluk olehnya. Subhanallah, begitu besar ya kekuatan Islam di zaman pertengahan. Semoga kita bisa nerusin deh, kebesaran Islam dan mengubah sudut orang-orang di luar sana, aamiin :)
2. Kirkuk, Irak (3000 SM).
Kirkuk adalah kota paling penting bagi orang Kurdi karena menyimpan benda-benda arkeologi berusia lebih dari 50 tahun. Kota ini sekaligus menjadi pusat industri minyak Irak. Kota ini pernah menjadi tempat pertempuran tiga kekaisaran besar: Asiria, Babilonia, dan Media, yang saling bergantin mengambil alih kuasa atas kota ini.
3. Yerusalem, Israel -_- (3000 SM).
Kota suci bagi tiga agama terbesar dunia, Islam, Nasrani, dan Yahudi, kota ini adalah tempat di mana nilai kuno digabungkan dengan berbagai budaya baru yang membawa suasana metropolis. Kota ini terbagi menjadi tiga bagian, dengan Yerusalem Barat sebagai bagia yang paling cepat berkembang dan menjadi pusat perdagangan.
4. Zurich, Swiss (3000 SM).
WHOAH! Rasanya rada incredible gimana gitu ya, ngebayangin kota yang juga didaulat sebagai kota termahal di dunia yang juga merupakan pusat mode dan metropolis Swiss ini telah lahir kira-kira 3000 tahun sebelum masehi. Kalo diitung, jadi umurnya sekarang 5011 tahun -_-. Well, Zurich pertama kali didirikan di zaman Romawi dengan nama Turicum.
5. Konya, Turki (2600 SM).
Ini dia kota yang paling “muda” di antara kota-kota di atas! Konya diapit oleh dua laut, Laut Tengah dan Laut Hitam, dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Kota yang didirikan di atas padang rumput Anatolia ini adalah salah satu kota termenarik di Turki. Salah satu museum yang paling terkenal di sini adalah Green-Mausoleum of Mevlana Celaleddin Rumi, makam penyair Turki terkemuka.

0 komentar:

Poskan Komentar