468x60 Ads

10 Debut Film Terbaik di Box Office

Film-film di dalam daftar ini adalah judul-judul yang berhasil memuncaki daftar film laris di minggu pertamanya. Bagi film-film ini, jadi yang nomor satu pun tak cukup. Pendapatan yang mereka torehkan di minggu pertamanya pun cukup fantastis, dan sanggup untuk memberi dorongan yang kuat untuk mendapatkan ratusan juta dolar selama masa peredarannya di bioskop. Ingin tahu film-film apa sajakah yang memulai rilisnya dengan debut yang menggebrak? Berikut adalah bagian pertama dari daftar sepuluh film dengan debut pendapatan terbaik.

10. Shrek the Third (2007)

Di posisi juru kunci ada si ogre baik hati, Shrek. Shrek the Third (2007) adalah film ketiga dalam franchise laris ini setelah Shrek (2001) dan Shrek 2 (2004). Shrek the Third memulai debutnya di Amerika Utara dengan mengeruk uang sebesar $121,629,270. Meski punya debut yang impresif, dari segi pendapatan total, film ini masih kalah dari Shrek 2. Dengan debut di atas 120 juta dolar Amerika Serikat, pendapatan domestik total film ini hanya $322,719,944. Shrek 2 sendiri jauh lebih laris dan berhasil mengumpulkan $441,226,247 untuk DreamWorks. Tak heran, karena secara kualitas, Shrek 2 memang lebih menghibur daripada film lanjutannya. Lelucon-lelucon segar yang memparodikan pop culture serta persahabatan Shrek dan Donkey lebih enak dilihat saat tampil di Shrek dan Shrek 2. Sementara itu, dalam Shrek the Third, humor menawan yang membuat franchise ini sangat terkenal sudah mulai kehilangan gregetnya.
Sutradara: Chris Miller, Raman Hui
Penulis: William Steig (buku “Shrek!”), Andrew Adamson (cerita), Jeffrey Price & Peter S. Seaman dan Chris Miller & Aron Warner (naskah)
Pengisi Suara: Mike Myers (Shrek), Eddie Murphy (Donkey), Cameron Diaz (Princess Fiona), Antonio Banderas (Puss in Boots), Julie Andrews (Queen), John Cleese (King), Rupert Everett (Prince Charming)

9. Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 1 (2010)

Kesuksesan franchise film Harry Potter memang merupakan sebuah fenomena global. Karena itu, tak heran bahwa dalam daftar ini, ada lebih dari satu film Harry Potter. Di posisi ke sembilan, ada Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 1 (2010). Harry Potter and the Deathly Hallows merupakan buku terakhir dari seri ini. Untuk mengakali tebalnya buku yang ditulis J. K. Rowling ini dan tentu saja, mengeruk lebih banyak uang, Warner Bros. pun memotongnya menjadi dua film yang diedarkan dengan jeda beberapa bulan. Bagian pertamanya, Deathly Hallows: Part 1 berhasil memulai debutnya dengan mengumpulkan pendapatan sebesar $125,017,372. Tapi, film ini tidak hanya berhasil merajai daftar film laris di Amerika Serikat saja. Dengan jumlah penggemar yang sangat besar, pendapatan Deathly Hallows: Part 1 di pasar internasional pun sangat besar. Total pendapatan domestik film ini mencapai angka $295,983,305. Di luar Amerika Serikat, pendapatannya pun melonjak sampai tiga kalinya, di angka $660,416,406, sehingga total pendapatan yang diperoleh film ini hampir mendekati angka 1 milyar dolar Amerika Serikat.
Sutradara: David Yates
Penulis: Steve Kloves (naskah), J.K. Rowling (novel)
Pemeran: Daniel Radcliffe (Harry Potter), Rupert Grint (Ron Weasley), Emma Watson (Hermione Granger), Ralph Fiennes (Lord Voldemort), Helena Bonham Carter (Bellatrix Lestrange), Alan Rickman (Professor Severus Snape), Bill Nighy (Minister Rufus Scrimgeour)

8. Iron Man 2 (2010)

Sosok superhero tak harus selalu sopan, baik hati, dan tidak sombong. Faktanya, di tangan Jon Favreau, Tony Stark yang dikenal sebagai pengusaha sombong yang suka mabuk-mabukan dan menggoda wanita bisa juga berubah menjadi sosok pahlawan super yang hebat dalam Iron Man (2008). Tentunya, Stark memang bukan tokoh one dimensional. Sosok filantropis jenius yang mampu menciptakan mesin canggih dari barang-barang rongsokan ini juga punya berbagai sisi yang lebih dalam dieksplorasi di Iron Man 2 (2010). Karena film pertamanya sangat segar dan menghibur, penonton pun datang berbondong-bondong ke bioskop untuk menyaksikan sekuelnya. Iron Man 2 pun sukses memulai debutnya dengan mengeruk pendapatan sebesar $128,122,480. Tapi, tak bisa disangkal bahwa Iron Man memang jauh lebih lucu dan menghibur dari Iron Man 2 yang berusaha terlalu keras untuk menjadi sebuah film yang kompleks. Meski demikian, pendapatan domestik total keduanya tidak jauh berbeda. Iron Man 2 berhasil mencetak pendapatan sebesar $312,433,331, sementara Iron Man sedikit lebih unggul dengan $318,412,101.
Sutradara: Jon Favreau
Penulis: Justin Theroux (naskah), Stan Lee, Don Heck, Larry Lieber, dan Jack Kirby (buku komik Marvel)
Pemeran: Robert Downey Jr. (Tony Stark / Iron Man), Gwyneth Paltrow (Pepper Potts), Don Cheadle (Lt. Col. James ‘Rhodey’ Rhodes / War Machine), Scarlett Johansson (Natalie Rushman / Natasha Romanoff / Black Widow), Sam Rockwell (Justin Hammer), Mickey Rourke (Ivan Vanko / Whiplash), Samuel L. Jackson (Colonel Nick Fury)

7. Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest (2006)

Disney memang punya banyak film yang menghasilkan pendapatan besar. Tapi, tak salah rasanya bila menyebut franchise Pirates of the Caribbean sebagai salah satu mesin uang Disney yang paling berharga. Film pertamanya yang diinspirasi oleh sebuah wahana permainan, Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl (2003), di luar dugaan mampu untuk menjadi monster hit. Seperti yang sudah diduga, setelahnya Disney tak malu-malu untuk terus menelurkan film Pirates. Meski semua film dalam franchise ini punya pendapatan yang fantastis, tapi Dead Man’s Chest jelas merupakan pemenangnya. Film ini memulai debutnya di angka $135,634,554. Tapi, karena film terdahulunya sangat sukses, film ini pun menyedot lebih banyak perhatian. Dead Man’s Chest akhirnya berhasil menjadi film paling laris dalam seri ini dengan pendapatan total sebesar $1,066,179,725. Tak banyak film yang mampu untuk meluncur dengan debut hebat sekaligus mencetak pendapatan di atas 1 milyar dolar Amerika Serikat. Karena itu Gore Verbinski, Ted Elliott, dan Terry Rossio patut berbangga hati.
Sutradara: Gore Verbinski
Penulis Naskah: Ted Elliott, Terry Rossio
Pemeran: Johnny Depp (Jack Sparrow), Orlando Bloom (Will Turner), Keira Knightley (Elizabeth Swann), Jack Davenport (Norrington), Bill Nighy (Davy Jones), Jonathan Pryce (Governor Weatherby Swann)

6. The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 1 (2011)

Meski dicemooh oleh para kritikus film, punya rombongan pembenci fanatik, dan diboikot oleh para pria yang tak rela untuk diseret oleh pasangan mereka untuk menonton film ini di bioskop, rasanya tak ada yang akan sanggup untuk menggoyahkan film-film Twilight dari daftar film laris. Dengan dukungan jutaan penggemarnya, kisah cinta antara Bella dan Edward akan tetap menghasilkan gunungan uang bagi Summit Entertainment. The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 1 yang beredar tahun lalu sukses memulai debutnya di angka $138,122,261. Selain franchise Harry Potter, Twilight pun punya lebih dari satu film dalam daftar ini. New Moon yang berada di posisi kelima dalam daftar ini mengalahkan Breaking Dawn Part 1 yang terpaut satu posisi di bawahnya. Tak hanya kalah dari segi debut, Breaking Dawn Part 1 pun menghasilkan pendapatan total yang lebih kecil daripada New Moon. Agaknya, penonton lebih menyukai kisah cin
5. The Twilight Saga: New Moon (2009)

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, selain The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 1 (2011), New Moon yang hadir dua tahun sebelumnya pun masuk dalam daftar ini. Melihat antisipasi para penggemar franchise film ini, bisa saja akhir tahun nanti The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2 juga akan bergabung dengan dua judul sebelumnya dan menjadi salah satu pemegang rekor debut terbaik. New Moon sendiri memulai debutnya di angka $142,839,137. Selain menjadi film Twilight dengan debut terbaik, New Moon juga merupakan film paling laris dari seri ini. Meski pendapatan domestiknya masih kalah dengan The Twilight Saga: Eclipse (2010), total pendapatan New Moon tetap yang paling tinggi, di angka $709,827,462.
Sutradara: Chris Weitz
Penulis: Melissa Rosenberg (naskah), Stephenie Meyer (novel)
Pemeran: Kristen Stewart (Bella Swan), Robert Pattinson (Edward Cullen), Taylor Lautner (Jacob Black)

4. Spider-Man 3 (2007)

Film Spider-Man yang dibawa Sam Raimi ke layar lebar memang sudah berumur satu dekade. Tapi, sampai saat ini orang belum lupa dengan sosok Peter Parker yang dibawakan dengan sangat pas oleh Tobey Maguire. Karena itulah, proyek reboot The Amazing Spider-Man (2012) dianggap sebagai proyek beresiko yang rentan flop. Tentu, tak mudah untuk menggantikan sosok Tobey Maguire dengan Andrew Garfield. Tapi, tak berarti bahwa franchise Spider-Man hadir tanpa cela. Film ketiganya, Spider-Man 3 yang merupakan film paling sukses secara finansial di seri ini, ironisnya, juga yang paling jelek. Tapi, ini tidak menghilangkan fakta bahwa Spider-Man 3 punya debut yang sangat impresif di bioskop. Film ini dibuka di tahun 2007 dan mencetak pendapatan awal sebesar $151,116,516. Pendapatan totalnya sendiri adalah $890,871,626. Tapi, Spider-Man 3 juga merupakan film paling mahal dalam franchise ini. Film pertamanya sendiri dibuat dengan biaya sekitar 139 juta Amerika Serikat. Spider-Man 2 dibuat dengan biaya 200 juta dolar Amerika Serikat. Sementara itu biaya pembuatan Spider-Man 3 pun mengalami lonjakan sampai ke angka 258 juta Amerika Serikat.
Sutradara: Sam Raimi
Penulis Naskah: Sam Raimi & Ivan Raimi, dan Alvin Sargent
Pemeran: Tobey Maguire (Spider-Man / Peter Parker), Kirsten Dunst (Mary Jane Watson), James Franco (New Goblin / Harry Osborn), Thomas Haden Church (Sandman / Flint Marko), Topher Grace (Venom / Eddie Brock), Bryce Dallas Howard (Gwen Stacy), Rosemary Harris (May Parker)

3. The Hunger Games (2012)

Trilogi buku The Hunger Games memang tidak punya pembaca sebanyak Harry Potter maupun Twilight. Tapi, hal ini tidak menghentikan filmnya untuk melaju sebagai pemegang rekor film bukan sekuel dengan debut terbaik. Berkat pemasaran yang lihai dari Lionsgate, film arahan Gary Ross ini membuka minggu pertamanya dengan perolehan fantastis sebesar $152,535,747. Meski masih didominasi oleh penonton wanita dalam kisaran usia remaja, The Hunger Games yang menampilkan pertarungan maut antara 24 tributes dari 12 Distrik Panem juga ternyata sangat diminati oleh penonton pria, dan sukses menjaring penonton dari beragam usia. Hal ini menjadi kelebihan The Hunger Games yang mungkin nantinya akan mengangkat film ini sebagai film dengan bintang utama wanita jagoan yang paling laris di pasaran. Selain itu, penampilan Jennifer Lawrence yang sangat pas sebagai Katniss Everdeen telah memantapkan prediksi bahwa franchise ini akan menjadi seri film remaja paling laris setelah Twilight nantinya usai.
Sutradara: Gary Ross
Penulis Naskah: Gary Ross, Suzanne Collins, dan Billy Ray
Pemeran: Jennifer Lawrence (Katniss Everdeen), Josh Hutcherson (Peeta Mellark), Liam Hemsworth (Gale Hawthorne), Woody Harrelson (Haymitch Abernathy), Elizabeth Banks (Effie Trinket), Lenny Kravitz (Cinna)

2. The Dark Knight (2008)

Bila Anda menyukai Batman Begins (2006), tak ada alasan bagi Anda untuk melewatkan sekuelnya, The Dark Knight (2008). Dengan kisah yang memikat, penampilan luar biasa dari Heath Ledger, dan adegan aksi yang begitu cerdas dan eksplosif, tak heran bahwa Christopher Nolan mampu untuk mengubah film ini menjadi sebuah cinematic event. Semua orang tak sabar untuk melihat kelanjutan cerita Batman yang dihadirkan Nolan. Karena itu, saat memulai debutnya di musim panas tahun 2008, The Dark Knight langsung menggebrak dengan pendapatan sebesar $158,411,483. Tentu saja, dengan jadwal rilis The Dark Knight Rises (2012) yang kian dekat, bisa jadi film terakhir dari franchise ini akan mematahkan rekor The Dark Knight dan punya debut yang lebih dahsyat lagi. The Dark Knight sendiri punya pendapatan total sebesar $1,001,921,825. Apakah pertarungan antara Batman dan Bane akan membawa The Dark Knight Rises menembus angka tersebut?
Sutradara: Christopher Nolan
Penulis Naskah: Jonathan Nolan dan Christopher Nolan
Pemeran: Christian Bale (Bruce Wayne / Batman), Heath Ledger (Joker), Aaron Eckhart (Harvey Dent), Michael Caine (Alfred), Maggie Gyllenhaal (Rachel Dawes), Gary Oldman (Lt. Jim Gordon), Morgan Freeman (Lucius Fox)

1. Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 (2011)

Setelah melewati sepuluh tahun dan delapan film, dunia akhirnya harus mengucapkan selamat tinggal pada Harry Potter, Hermione Granger, dan Ron Weasley. Setelah melewati begitu banyak hal dan mengalami peningkatan kualitas dari seri ke seri, Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 akhirnya sukses memenuhi ekspektasi penggemar akan film penutup yang megah dan sarat aksi. Sampai saat ini Deathly Hallows Part 2 yang memegang rekor debut terbaik dengan pendapatan sebesar $169,189,427 masih belum dapat dilampaui oleh film manapun. Dengan pendapatan total sebesar $1,328,111,219, Deathly Hallows Part 2 kini duduk di posisi ketiga film paling laris sepanjang masa, hanya kalah dari Avatar (2009) dan Titanic (1997) yang masing-masing duduk di posisi satu dan dua.
ta segitiga antara Bella, Edward, dan Jacob ketimbang melihat Bella dan Edward menikah.

0 komentar:

Poskan Komentar