468x60 Ads

Komponen Input-Proses-Output Komputer

Kali ini saya akan menjelaskan tentang komponen input , proses dan output pada komputer beserta teknologinya

1. Komponen input terdiri dari :
  • Keyboard
Keyboard adalah komponen paling penting dalam penginputan data , kenapa ? karena dengan alat ini kita bisa memasukan data berupa huruf , angka , karakter khusus dan melakukan perintah seperti membuka , menyimpan dan menutup file.
Teknologi keyboard saat ini adalah keyboard laser dimana alat yang berbentuk kotak ini berfungsi sebagai proyektor sinar laser , sinar laser berwarna merah yang di pancarkannya memproyeksikan gambar keyboard ke permukaan datar apapun dan bisa digunakan di kegelapan , keyboard ini bisa di sambungkan ke komputer , laptop , ataupun handphone melalui bluetooth.



  • Mouse
Mouse adalah komponen yang berbentuk seperti tikus yang memiliki dua tombol di kiri dan kanan serta satu tombol penggulung (scroll) yang berada diantara tombol kiri dan kanan , mouse berfungsi untuk memindahkan pointer dan kursor secara cepat selain itu mouse juga berfungsi untuk membuka suatu ikon dengan cara menekan tombol kiri sebanyak dua kali secara cepat dan tombol kanan berfungsi untuk menampilkan menu pilihan sedangkan tombol scroll berfungsi untuk menggulir halaman ke atas dan ke bawah.
Teknologi mouse saat ini yang mulai banyak digunakan adalah mouse dengan menggunakan teknologi blue track , teknologi yang memungkinkan mouse bisa di pakai di segala permukaan dan tidak sensitif terhadap debu dan kotoran yang dapat mengakibatkan kinerja mouse melemah.


  • Scanner
Scanner adalah komponen input yang berfungsi untuk memindai (scan) gambar atau teks yang kemudian hasilnya dapat di lihat dimonitor terlebih dahulu sehingga kita bisa memperbaiki atau memodifikasi file tersebut dan kemudian dapat disimpan di hardisk komputer.
Teknologi scanner saat ini adalah pen scanner , scanner yang berbentuk mini ini menyerupai bolpoin yang bisa dibawa kemana - mana , masih sama seperti scanner pada umumnya hasil pindaian akan disimpan dalam bentuk gambar berformat joint photographic experts group (JPEG). Pen scanner dilengkapi dengan kartu memori jenis Micro SD mulai kapasitas 1 GB sampai dengan 32 GB.

  • WebCam
WebCam atau Web Camera merupakan salah satu komponen input yang berfungsi untuk menginput data berupa gambar statis atau foto dan gambar bergerak atau video.
Teknologi WebCam untuk saat ini memiliki ketajaman gambar yang sangat tinggi atau gambar yang jernih (High Definition) dengan menggunakan optik Carl Zeiss.



  • Microphone
Komponen input ini berfungsi untuk merekam suara atau memasukan suara ke dalam memori komputer.
Teknologi Microphone saat ini adalah teknolgi yang disebut Small Array Microphone (SAM) jadi , teknologi yang mampu memisahkan suara pengguna dengan suara yang ada di sekitarnya sehingga suara akan terdengar lebih jernih.





2. Komponen output terdiri dari :
  • Monitor
Monitor merupakan komponen output yang berfungsi untuk menampilkan data hasil proses cpu berupa teks atau grafik.
Teknologi monitor saat ini yang mulai banyak digunakan adalah teknologi LED (Light Emitting Diode) yang dianggap lebih ramah lingkungan dan menghasilkan gambar yang lebih halus dan lebih sempurna dibandingkan dengan teknologi sebelumnya.


  • Printer
Printer adalah komponen output dari komputer yang dapat mencetak teks , gambar atau tampilan lainnya ke media kertas atau media lainnya.
Teknolgi printer saat ini adalah laser printer , sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin foto copy , daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit kualitas hasil cetaknyapun sangat bagus sehingga hampir mirip sekali dengan aslinya , selain itu hasil cetakan cepat kering , tetapi harganya cukup mahal.





  • Plotter
Fungsi Plotter hampir sama dengan Printer hanya saja Plotter mencetak gambar ukuran yang cukup besar , seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
Plotter Thermal menggunakan pin yang dipanasi secara elektronis , kemudian pin tersebut dilewatkan pada jenis media yang peka terhadap panas , sehingga terbentuk gambar , Plotter Thermal dapat digunakan untuk mencetak pada kertas maupun pada film buram



  • Proyektor
Proyektor adalah alat yang dapat menampilkan gambar seperti yang ada pada layar monitor komputer dengan kemampuan menampilkan ukuran yang lebih besar.
Proyektor Pico adalah salah satu teknologi proyektor saat ini , proyektor ini berukuran kecil yang bisa dihubungkan ke perangkat PC , laptop bahkan handphone untuk di tampilkan ke layar besar.





  • Speaker
Speaker yaitu komponen output untuk menhgasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer.
Logitech meluncurkan sebuah speaker yang berjalan dengan teknologi bluetooth yang diberi nama Wireless Boombox. Speaker Boombox menjalankan teknologi bluetooth A2DP untuk streaming musik nirkabel dan bisa dihubungkan ke perangkat lain melalui bluetooth.







3. Komponen Proses  Terdiri Dari :
  • Intel
a. Intel Thunderbolt
Sebuah teknologi yang dikembangkan dibawah kode Light Peak dan hasil kolaborasi dengan apple, teknologi ini merupakan inovasi terbaru dalam transfer data berkecepatan tinggi antar PC dengan periferal serta perangkat display, dengan menggunakan kabel tunggal pada kecepatan 10Gbps.


b. prosesor core generasi kedua
menggunakan teknologi proses 32-nm yang memiliki kemampuan jauh lebih baik ketimbang generasi sebelumnya , performanya hingga 42 persen lebih cepat untuk pembuatan konten dan hingga 50 persen untuk kegiatan permainan.





c. Intel Xeon E7
Prosesor ini akan lebih memberikan kinerja dan efisiensi yang seimbang , chip prosesor ini memiliki 10 buah core.








d. Intel core 2 quad
Prosesor ini memiliki core clock sebesar 2,33 ghz , prosesor ini memiliki FSB (Front Side Bus) sebesar 1333 dan besar chace memory 4MB.









e. Intel Quad Core
Prosesor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing - masing memiliki konfigurasi 2,13 dan 2,4 ghz , berturut - turut dengan 8mb L2 chace (dapat mencapai 4mb yang diakses untuk tipa core.





  • AMD
a. AMD Athlon
AMD Athlon menggunakan teknologi proses lithographic mutakhir 45nm SOI (Silicon On Insulator) dengan menggunakan lebih banyak transistor.







b. AMD Phenom
Prosesor yang terbaik untuk game High Definition dan pembuatan konten media digital.









c. AMD Sempron
AMD Sempron merupakan prosesor dual core yang dimatikan salah satu corenya , motherboard dengan chipset tertentu bisa mengaktifkan core yang dimatikan tadi.




  • Cyrix
a. Cyrix III
Cyrix III merupakan prosesor yang menggunakan 22 juta inti transistor dan menekankan pada kinerja yang lebih tinggi.

0 komentar:

Poskan Komentar